Sambangi @DPP_FPI, @RSAIndonesia Ajak Selamat di Jalan

Rabu (13/07), perwakilan Road Safety Association (RSA) Indonesia tiba di sekretariat DPP Front Pembela Islam (FPI), sebuah ormas keagamaan yang kontroversial di mata masyarakat umum, segala pro-kontra menghiasi perjalanan mereka. Lalu, apa maksud RSA Indonesia datang ke sana?

Suasana di lokasi DPP FPI tidak seperti yang ada di bayangan, sambutan ramah dan bersahabat oleh Ustadz Syahroji sebagai Pengurus kesekretariatan DPP FPI sangat kami apresiasi. Suasana kesederhanaan sangat kental kami rasakan. Siang itu RSA diwakili Ivan (Ketua Umum), Lucky (Badan Pengawas), dan Rio (Badan Kehormatan).

Kunjungan RSA Indonesia kali ini terkait dengan selebaran konvoi takbir keliling yang dikeluarkan FPI saat malam takbiran Idul Fitri. Diluar dari pro-kontra kegiatan tersebut, kami melihat satu tagline yang sangat menarik, “Pengendara Motor Wajib gunakan helm, dan mematuhi aturan lalu lintas”, hal ini tentu saja sangat berbeda dengan pandangan publik selama ini, dimana konvoi ormas seringkali dihiasi oleh ke-tidak tertib-an pesertanya.

Sebagai pegiat keselamatan jalan, sudah kewajiban kami untuk memberikan dukungan penuh terhadap niat baik organisasi FPI terhadap peserta konvoi, dan kami pun berniat untuk meminta kepada ormas FPI untuk lebih menggalakkan himbauan Keselamatan Jalan dalam hal yang jauh lebih luas.

“Tujuan kami hanya satu, mengurangi angka kematian, tiga orang per jam di Indonesia,” lugas Rio Octaviano.

Penerimaan dari Ustadz Syahroji siang itu justru “menantang” balik RSA untuk menjalankan aksi Keselamatan Jalan ini dengan meminta kami melakukan audiensi kepada seluruh jajaran Pengurus DPP FPI.

“Perjuangan RSA sejalan dengan FPI dalam hal ber-amar ma’ruf, mengajak kepada kebaikan,” ujar Ustadz Syahroji.

“RSA harus jalankan ini kepada seluruh organisasi lain, tidak harus ormas Islam saja, karena aksi ini sangat baik,” katanya lagi.

Dalam rekam jejak RSA Indonesia, hal ini bukanlah yang pertama dilakukan. Pada 2011, RSA Indonesia melakukan hal yang sama pada entitas keagamaan lainnya, Majelis Rasulullah. Bahkan menginisiasi terbentuknya “Grup Majelis Sadar Helm dan Tertib Lalu lintas”. Setahun sebelumnya, RSA Indonesia sempat menyambangi Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait meruyaknya pelanggaran aturan lalu lintas saat itu. (rsai)

fpi1 fpi2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s