Utusan Khusus PBB, Jean Todt Bertemu RSA Indonesia

Utusan khusus Perserikatan Bangsa Bangsa, Jean Todt dalam kapasitasnya sebagai ‘United Nations Special Envoy for Road Safety’ datang berkunjung ke Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Jean Todt menyempatkan bertemu Road Safety Association (RSA) Indonesia dan menyampaikan program road safety, mengingat Indonesia mempunyai angka kecelakaan yang cukup tinggi.

Pada kesempatan tersebut, RSA Indonesia menyampaikan program road safety yang sudah, sedang dan akan dilakukan RSA untuk kepentingan road safety di Indonesia. Sejak 2007, RSA Indonesia bergerak ke seluruh sel-sel masyarakat melakukan sosialisasi dan edukasi pentingnya keselamatan di jalan raya. Di lini advokasi, RSA Indonesia berperan aktif menjadi kelompok penekan yang mengkritisi setiap kebijakan para pemangku kebijakan (stake holder) keselamatan jalan di Indonesia.

Aspek penegakan hukum dan peran Pemerintah yang dinilai masih kurang menjadi sorotan lainnya pada diskusi yang berlangsung Rabu (17/02) di Kedutaan Besar Perancis. Termasuk fasilitas jalan yang belum mendukung sehingga mengganggu keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Keprihatinan terhadap masih tingginya angka kecelakaan di Indonesia terungkap dalam diskusi selanjutnya.

“Data Kepolisian Indonesia pada 2015 menunjukkan angka kecelakaan turun selama 5 tahun terakhir, namun masih terhitung tinggi untuk ukuran dunia,”ujar Jean Todt.

“Kecelakaan di jalan raya merupakan salah satu pembunuh paling berbahaya di dunia dan pembunuh nomor satu untuk masyarakat usia produktif,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Presiden Federation Internationale de l’Automobile (FIA).

Pada diskusi penutup, Jean Todt, pria berusia 69 tahun yang pernah memimpin tim balap F1 Ferrari Scuderia itu menyampaikan apresiasi dan harapan kepada RSA Indonesia untuk terus konsisten melakukan program road safety.

“Saya menghargai apa yang sudah dilakukan RSA Indonesia dan berharap kalian dapat terus konsisten, sama seperti yang dilakukan NGO lainnya di seluruh dunia,” tutup Jean Todt. (*) with Ivan, Nursal, kakaipank, Muh, and Rio

View on Path

Tinggalkan komentar