Konvoi, Tidak Bisa Sembarangan

foto1

Konvoi atau berkendara secara berkelompok adalah agenda yang sering dilakukan komunitas otomotif baik mobil atau motor. Biasanya konvoi dilakukan komunitas otomotif jika mereka akan pergi ke suatu tempat untuk mengadakan acara mereka sendiri atau sekedar menghadiri undangan dari komunitas lainnya. Namun tak jarang konvoi justru melahirkan hal-hal negatif seperti kemacetan lalu lintas, unjuk kekuatan atau show of force dan ironisnya konvoi juga berpotensi melahirkan peluang terhadap kecelakaan seperti tabrak beruntun.

Tema konvoi ini diangkat Road Safety Association (RSA) Indonesia pada sharing session Munaslub Daihatsu Ayla Indonesia (DAI) di Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta Utara pada Minggu (13/12).

“Konvoi tidak bisa sembarangan. Pasal 134 UU No.22/2009 telah mengatur siapa saja pemilik hak utama yang mendapat prioritas di jalan,”ujar Ivan, Ketua Umum RSA Indonesia yang siang itu hadir ditemani Nursal, Sekjen; Ahmad, Kepala Divisi Kegiatan dan Lucky, Badan Pengawas.

“Idealnya, konvoi yang legal adalah yang mendapat pengawalan dari petugas kepolisian,”sergah Nursal. “Tapi dalam penerapannya harus perhatikan aspek genting dan penting, juga etika lalu lintas. Hargai pengguna jalan lainnya,”tambahnya lagi.

Penggunaan asesoris berkendara seperti lampu strobo, rotator dan sirine juga mendapat sorotan pada acara tersebut.”Merah untuk damkar dan ambulans, biru untuk kepolisian, kuning untuk alat berat dan mobil pemeliharaan jalan,” jelas Nursal. “Pasal 59 UU No.22/2009 sudah mengatur siapa saja yang berhak menggunakan sirine dan strobo. Silahkan dibaca,” katanya lagi.

Dalam kesempatan lain, om Yono selaku Ketua Umum Daihatsu Ayla Indonesia (DAI) mengatakan bahwa acara ini sangat berguna apalagi buat DAI sebagai klub yang belum lama terbentuk namun sudah memiliki anggota ribuan. Dia berharap acara seperti ini dapat berlanjut di kemudian hari.

“Sebagai sebuah klub baru, DAI masih membutuhkan masukan-masukan agar kami dapat menjadi pengguna jalan yang baik,”ujar om Yono.

Dalam catatan kami, Daihatsu Ayla Indonesia (DAI) berhasil meraih juara pertama dalam acara “Astra Road Safety Community Challenge” yang beberapa waktu lalu diadakan oleh PT. Astra International. (lucky)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s