Kita Semua Berhak Selamat!

Sabtu (12/12) Road Safety Association (RSA) Indonesia memiliki kesempatan melakukan edukasi berkendara aman, nyaman dan selamat untuk pesepeda motor. Acara digelar oleh PT. Toll Global Forwarding, sebuah perusahaan ekspedisi yang berkantor di kawasan Batu Ceper, Jakarta Pusat.

Peserta yang sebagian besar adalah pekerja lapangan yang menggunakan sepeda motor untuk aktifitasnya sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan Nursal, Sekjen RSA Indonesia juga Ivan, Ketua Umum RSA Indonesia.

“Saya pernah alami kecelakaan saat naik sepeda motor. Saat itu ada mobil yang tiba-tiba berhenti, saya tidak sempat menghindar,”ujar salah satu peserta. “Akibat kecelakaan tersebut, sebulan saya tidak bisa bekerja karena tangan saya patah,”tambahnya lagi.

Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi kapan saja. Fakta selama semester pertama 2015 terjadi 76 ribuan kasus kecelakaan lalu lintas yang memakan korban 73 orang tewas tiap hari. Akibat kecelakaan pun tidak pernah bersifat tunggal. Kerugian waktu, tenaga, biaya pasti terjadi. Belum lagi produktifitas kerja yang berkurang dapat berimbas pada menurunnya pendapatan si pekerja.

“Saat berkendara wajib lakukan SEE, search, evaluate dan execute. Jika sewaktu-waktu terjadi kejadian yang tiba-tiba kita bisa mengantisipasi. Jangan lupa untuk selalu jaga jarak!,” jelas Nursal.

PT. Toll Global Forwarding termasuk kelompok usaha yang menempatkan aspek keselamatan sebagai prioritas. “Saya lihat keselamatan sudah menjadi nilai kerja yang utama di perusahaan ini. Salut! ,” ujar Ivan. Hal ini terlihat dari adanya poster yang bertuliskan “Kita Semua Berhak Sampai di Rumah Selamat” pada pintu gedung. “Ini bagus. Artinya tiap diri kita menyadari bahwa setiap pengguna jalan memiliki hak atas keselamatan. Dan kita harus memenuhi hak tersebut dengan selalu berkendara aman dan selamat,” tambah Nursal.

“Mulai saat ini juga, mari berkendara aman dan selamat agar diri kita dan orang lain dapat selamat tiba di rumah,” tutup Nursal. (lucky)

foto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s