Keluarga, Komunitas Jadi Garda Terdepan Keselamatan

FOTO

Keluarga adalah sebuah entitas paling kecil dalam kehidupan bermasyarakat. Banyak orang bilang jika kita ingin berbuat baik maka dimulailah dari diri sendiri dan keluarga kita. Selain itu keluarga mempunyai peran penting dalam membentuk karakter seseorang. Hal inilah yang diangkat Road Safety Association (RSA) Indonesia dalam acara “Satu Dekade HSX 125 Community”, sebuah kelompok pesepeda motor pengguna sepeda motor Honda Supra X 125cc. Kebetulan tema acara tersebut adalah “Together as One Family” atau “Bersama sebagai Satu Keluarga”.

Lalu apa hubungan keluarga dengan keselamatan jalan? “Sebagai satu keluarga, jika ada anggota klub atau komunitas yang bersalah, diambil tindakan apa dari klub/komunitasnya?,” tanya Nursal dalam pengantar syiar keselamatan jalan Sabtu (12/12) sore hari di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan. “Apakah diberikan sanksi atau dibela dengan pembenaran? tanya Nursal lagi.

Dalam entitas keluarga terdapat norma dan etika yang harus dihormati oleh anggota keluarga. Begitu juga keselamatan jalan. Keselamatan di jalan sebagai suatu permasalahan lalu lintas tentunya sudah ada aturannya. Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 telah mengatur dengan lengkap dan tegas mengenai lalu lintas dan angkutan jalan. “Ada 300-an pasal. Silahkan dibaca dan dipahami pasal demi pasal. Sebagai anggota keluarga kita patut hormati norma dan etika keluarga. Sebagai pengguna jalan, kita mesti tahu apa saja yang diatur dalam UU dan dilaksanakan,”sergah Nursal.

Acara talk show yang dipandu MC bikers yang cukup kondang, Alfa, juga dihadiri Kompol Yovan dari Dikyasa Polda Metro Jaya. Dalam sesinya, Ibu Yovan menyoroti masih tingginya jumlah pelanggaran. “Pelanggaran aturan lalu lintas selalu berujung pada kecelakaan. Mari kita bersatu, keselamatan nomor satu,”ujar Ibu Yovan.

Tak salah jika Ibu Yovan mengatakan hal tersebut. Data kecelakaan selama semester pertama 2015 mencatat 76ribuan kecelakaan lalu lintas dengan 250-an kasus kecelakaan tiap harinya dengan korban 70-an nyawa tewas tiap hari. Sejumlah pengguna jalan masih harus menerima pahitnya kecelakaan lalu lintas. Dan entitas seperti keluarga, komunitas pesepeda motor menjadi garda terdepan untuk mengingatkan anggotanya agar selalu berkendara aman dan selamat. (lucky)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s