Sedikit Tips Menghindari Begal

berkendara malam hari

Isu begal yang marak akhir-akhir ini memang membuat tak nyaman pengendara motor. Terutama yang harus berpergian malam hari dan melewati tempat yang sepi. Isu ini membayangi dan menimbulkan kekhawatiran karena begal beraksi di tempat seperti itu.

Untuk pengendara yang terpaksa berjalan di malam hari dan melewati daerah rawan begal, di bawah ini sedikit tips untuk menghindari pembegalan.

Menghindari Kondisi Yang Memungkinkan Terjadinya Pembegalan

Demi keselamatan, ada baiknya Anda mengorbankan waktu dan bahan bakar demi mencari jalan yang lebih ramai. Investigasi dulu rute perjalanan Anda, manfaatkan aplikasi peta di gadget untuk mendapatkan jalur yang tak terlalu jauh tapi cukup ramai.

Kondisi jalan yang kondusif bagi pelaku begal menjalankan aksinya adalah daerah sepi dan gelap. Biasanya pelaku begal menjalankan aksinya pada malam hingga subuh.

Jangan Sendirian

Baiknya Anda tidak sendiri saat harus melewati jalan yang sepi. Cari teman yang bisa dibonceng, dan minta teman membantu kewaspadaan akan keberdaan begal.

Atau, saat Anda akan melewati tempat yang rawan dan posisi Anda masih berada di daerah yang aman, Anda bisa memperlambat kendaraan menanti kendaraan lain yang akan sama-sama melewati daerah itu. Tetapi pastikan kendaraan itu jauh dari ciri begal.

Waspada Dan Hindari Suspect Begal

Pelaku begal biasanya rombongan dengan dua atau lebih motor dan saling berboncengan. Bila menemukan rombongan seperti ini, menghindarlah. Bila terlihat rombongan 2-3 motor di depan di tempat sepi, jangan nekad mendekat.

Banyak pengalaman dari cerita biker yang pernah bertemu rombongan begal. Ada yang pernah masuk ke sebuah rumah dan pura-pura menjadi penghuni rumah itu, ada yang belok ke gang lalu menyelamatkan diri ke tempat yang lebih ramai, ada juga yang tancap gas melaju sekencang-kencangnya. Pokoknya, segera temukan keramaian untuk berlindung dari pelaku begal.

Rajin-rajin perhatikan spion Anda untuk melihat jenis kendaraan di belakang. Aktifkan pendengaran Anda, perhatikan bunyi kendaraan lain, dan waspada bila terdengar suara 2-3 motor mendekat.

Bunyikan Klakson Panjang-Panjang

Jika begal mendekat, bunyikan klakson sepanjang-panjangnya. Hal ini untuk menarik perhatian orang. Jika hanya berteriak, kecil kemungkinan mendapatkan perhatian orang.

Jangan Ragu Putar Balik Bila Menemukan Hal Yang Mencurigakan

Bila menemukan sesuatu yang aneh di jalan, entah itu pohon yang tumbang, rombongan motor berboncengan, atau hal lain yang ganjil, segeralah putar balik demi menghindari kejadian yang tidak diharapkan.

Berdoa

Selalu, ini adalah poin yang hadir dalam setiap tips. Karena apa pun yang Anda usahakan, tak kan berarti tanpa pertolongan Allah SWT.

sumber: http://bit.ly/1v0px9z

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s