Puasa Melatih Kesabaran Di Jalan

PUASA bagi umat muslim tak sekadar menahan lapar dan haus. Lebih dari itu, ibadah ini juga mengajarkan para penganutnya agar mampu meredam hawa nafsu.

Bagi kita para pengendara kendaraan bermotor, kemampuan menahan nafsu menjadi penting. Menahan diri agar tidak terpancing emosi yang bisa membuyarkan konsentrasi. Maklum, tanpa konsentrasi yang maksimal bisa memicu terjadinya insiden di jalan.

Berpuasa sejak matahari terbit hingga matahari terbenam menjadi sebuah ujian tersendiri. Lazimnya sebuah ujian, jika berhasil melewatinya, bakal ada kebahagiaan tersendiri.

Begitu juga ketika kita berkendara di jalan raya. Rasa haus dan lapar, ditambah udara panas yang menyengat, bising suara mesin dan knalpot, menjadi sebuah ujian tersendiri. Belum lagi serbuan debu-debu yang beterbangan dan ulah provokatif sejumlah pengendara yang abai aturan di jalan. Kesemuanya berbaur mengaduk-aduk emosi para pengendara, khususnya para penunggang si kuda besi.

Ibadah puasa menjadi salah satu pembelajaran yang sempurna untuk memangkas perilaku lepas kendali saat di jalan. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan bagi umat muslim. Semoga ibadah kali ini membawa berkah buat kita semua. Amin. (edo rusyanto)

sumber: http://rsa.or.id/puasa-melatih-kesabaran-di-jalan/#sthash.bjjZnqcA.dpuf

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s