Mudik Bikin Bergidik

foto: istimewa

Arus mudik tahun 2012 ini membuat saya bergidik. Bagaimana tidak bergidik, lima ratus lebih nyawa manusia meregang di jalan raya selama periode mudik lebaran 2012 ini. Bahkan arus balik pun belum usai.

Metrotvnews.com, Jakarta: Arus balik lebaran tahun ini belum juga usai namun angka kecelakaan sudah cukup tinggi. Hingga kini sudah 574 jiwa tewas selama musim mudik tahun ini. Korban tewas meningkat 5 persen dari tahun sebelumnya dalam kurun waktu yang sama.

Tradisi mudik yang melibatkan jutaan orang selalu membawa dampak serius, yaitu tingginya angka kecelakaan. Berdasarkan data dari NTMC Korlantas Polri, angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik sejak tanggal 11 Agustus hingga tanggal 20 Agustus terus meningkat.

Data terakhir menyebutkan total kecelakaan pada musim mudik sebanyak lebih dari 3.000 kejadian. Korban meninggal mencapai 574 jiwa, luka berat 899 orang, dan luka ringan 3.135 orang.

Bila dibandingkan dengan data tahun 2011 lalu, angka kecelakaan meningkat 1 persen. Namun yang mencengangkan adalah angka korban meninggal dunia meningkat 5 persen. Kecelakaan paling banyak terjadi di jalur utara dan jalur lintas timur.

Dengan jumlah korban jiwa yang sudah cukup tinggi dan arus balik berlangsung, potensi kecelakaan lalu lintas masih bisa terus meningkat jika tidak segera dilakukan penanganan serius dari pihak-pihak terkait.(DNI)

Demikian berita yang saya kutip, sudah bukan waktunya lagi kita berdiam diri, berpangku tangan melihat tragedi kemanusiaan ini. Bencana nasional sudah dan sedang terjadi, mari rapatkan barisan, mari bergandeng tangan, selamatkan pengguna jalan, mari berbuat nyata dengan saling mengingatkan sesama pengguna jalan. Lupakan saja Pemerintah dan instansi terkait yang masih sibuk mengedepankan ego nya masing-masing. Tinggalkan budaya hanya bisa teori, tanggalkan budaya hanya bisa berwacana.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s