Menkes Endang Dan Kiprahnya Di Keselamatan Jalan

Tanggal 2 Mei 2012 menjadi hari berduka bagi dunia kesehatan di Indonesia. Menteri Kesehatan (non aktif) Kabinet Indonesia Bersatu jilid 2, Ibu Endang Rahayu Sedyaningsih meninggal dunia karena sakit kanker paru stadium lanjut. Menkes meninggal dunia pada usia 57 tahun.

Menkes dinyatakan menghembuskan nafas terakhir pada hari Rabu 2 Mei 2012 tepat pukul 11.41 WIB demikian pengumuman resmi yang disampaikan dr. Akmal Taher, Direktur Utama RS. Cipto Mangunkusumo, rumah sakit tempat Menkes dirawat sejak tiga minggu yang lalu.

Bagi RSA, kiprah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dipimpin Menkes cukup besar bagi Keselamatan Jalan. Kemenkes berperan saat RSA menggelar Diskusi dan Sosialisasi Helm SNI 1811-2007 bagi Pengendara Motor pada medio 2010, Peringatan Hari Mengenang Korban Kecelakaan Lalu Lintas Sedunia (World Day of Rememberance For Road Traffic Victims) di akhr 2011 dan beberapa kali acara Seminar terkait Kesehatan dan Kecelakaan Lalu Lintas. Selain itu Menkes juga berperan dalam pembentukan satu sub direktorat Pengendalian Gangguan Akibat Kecelakaan dan Tindak Kekerasan (Gakce dan Tisan) di Kementerian Kesehatan dimana subdit ini dibentuk atas dasar keprihatinan akan tingginya angka kematian karena kecelakaan di jalan raya.

Kita masih ingat saat awal pengangkatan dirinya menjadi Menteri Kesehatan sempat mengundang pro kontra namun Menkes tetap bergeming untuk terus bekerja meski dengan kondisi sakit yang dideritanya. Meski beberapa program kerja terkait Keselamatan Jalan belum sepenuhnya terlaksana namun semoga semangat Menkes untuk terus berkarya hingga di masa akhir hidupnya dapat dilanjutkan oleh penggantinya dan jajaran di bawahnya.

Selamat jalan Ibu, semoga Ibu tenang disana dan apa yang sudah dilakukan selama di dunia pastinya akan menemani ketenangan perjalanan yang Ibu lakukan di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Aamiin.

Sumber : www.rsa.or.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s