Berbagi Keselamatan Jalan Bersama Stream Community

Hari Minggu, 25 Maret 2012, walau libur panjang, Road Safety Association tetap menggelorakan semangat keselamatan jalan. Kali ini bersama Stream Community, sebuah komunitas pemilik mobil Honda Stream. Acara berlangsung di kawasan Epicentrum Rasuna, Jakarta Selatan.

Road Safety Association diwakili oleh Rio (Ketua Umum), Edo (Kadiv. Litbang) , Syamsul (Badan Pengawas) serta Lucky (Kadiv. Humas). Sesi pertama diskusi yang kami sebut knowlede sharing dibuka oleh Rio. Dengan format diskusi informal, Rio mengutarakan seputar profil RSA dan tentunya tentang pentingnya keselamatan jalan. RSA mengedepankan pentingnya etika, ketaatan aturan, dan keterampilan berkendara. “Masalah keselamatan jalan tidak bisa dilihat parsial,” jelas Rio.

Rio menyampaikan sejumlah regulasi lalu lintas jalan yang seringkali luput dari perhatian pengguna jalan. Seperti misalnya soal larangan penggunaan bahu jalan dan tidak memakai sirene strobo saat konvoi di jalan.

Di sesi berikutnya, Edo mencoba mengajak para anggota Stream Community untuk memulai dari hal-hal kecil untuk tetap selamat berlalu lintas. Dimulai dari memberikan lampu isyarat saat berbelok, memakai sabuk pengaman, hingga menghargai para pengguna jalan. Beberapa contoh dibeberkan Edo seperti kasus kecelakaan yang melibatkan pemobil, sebut saja, ada Bowo, seorang pengendara mobil yang juga siswa SMU mengakibatkan dua penumpang mobilnya hilang nyawa, ada juga Olivia seorang gadis belia, pengendara mobil yang tewas terbakar di mobil dan juga Afriyani si supir maut yang menewaskan pejalan kaki. Tentunya anggota Stream Community tidak mau menjadi penyebab kecelakaan apalagi menjadi korban.

Kata kunci tetap ada pada perilaku berkendara. Karena itu, menurut Syamsul, penting sekali mengalahkan ego pribadi saat berkendara. Syamsul mengajak anggota Stream Community agar tidak terpancing emosinya saat berkendara. “Yang waras yang ngalah,” katanya. Pada bagian lain, Syamsul mengingatkan soal tidak berponsel saat berkendara. “Engine ON, mobile OFF” tukas Syamsul. Yang dipahami sebagai bahwa segala peralatan mobile seperti ponsel dan gadget lainnya harus dinonaktifkan saat setelah mesin kendaraan menyala.

Sementara itu, ketua Stream Community, Ikbal menanyakan soal aturan pemakaian sirene strobo oleh para pejabat. “Bagaimana jika mereka memakainya di mobil pribadi?” tanya dia. Rio menjawab sesuai dengan regulasi yang ada di Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Seperti diketahui, mereka yang berhak memakai sirene strobo adalah yang memiliki hak utama di jalan. Pasal 134, dalam UU tersebut menegaskan mereka adalah kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas, ambulans yang mengangkut orang sakit; kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas, kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia, kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara, iring-iringan pengantar jenazah, dan konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Ikbal pun meminta copy file Undang Undang No 22/2009 untuk disosialisasikan isinya kepada seluruh anggotanya yang kini tercatat sektiar 150-an orang melalui mailing list mereka. Sebagai info, anggota Stream Community tersebar di Jakarta, Bandung, dan Pekanbaru.

Bagi RSA, makin banyak komunitas yang peduli keselamatan jalan, semakin baik. Harapannya agar kian mengecil jumlah kasus dan korban kecelakaan lalu lintas jalan di Indonesia. Kita tahu, pada 2011, tak kurang dari 31 ribu jiwa tewas akibat kecelakaan di Indonesia. “Kalau RSA kami undang lagi untuk memberi penyuluhan tingkat lanjutan bisa kan?” Tanya Dina, salah satu anggota Stream Community. Tentu bisa! Ayo terus gelorakan kesadaran keselamatan jalan. (lucky)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s