Upaya Publik Terhadap Karut Marut Transportasi

Langkah pembenahan sistem transportasi memang sudah dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah, dalam hal keselamatan jalan dan transportasi publik. Namun karena dasar pemikirannya dangkal, reaktif bukan solutif dan didasarkan pada proyek bukan program, maka tetap saja tidak berguna bagi publik.

Padahal kecelakaan terus terjadi tiap harinya. Intinya memang negara tidak berniat untuk melindungi warganya. Untuk itu publik harus melakukan citizen lawsuit atau gugatan publik karena Negara melakukan pembiaran.

Salah satunya adalah jika kondisi jalan raya membahayakan pengguna,publik dapat melakukan tuntutan sesuai Pasal 62 ayat (1) huruf e dan f  UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Huruf e menyatakan : masyarakat berhak memperoleh ganti kerugian yang layak akibat kesalahan dalam pembangunan jalan; dan serta huruf (f) menyatakan: masyarakat berhak mengajukan gugatan melalui pengadilan terhadap kerugian akibat pembangunan jalan.

Selain menggunakan UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, publik dapat pula menuntut Pemerintah dengan menggunakan dasar UU lainnya, seperti: UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, UU No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan sebagainya.

Gugatan ini harus dilakukan oleh publik untuk memberikan efek jera kepada Pemerintah supaya Pemerintah lebih serius menangani persoalan infrastruktur jalan raya dan transportasi. Jika tidak maka akan semakin banyak rakyat Indonesia yang meregang nyawa sia-sia tiap harinya sebagai dampak buruknya sarana dan prasarana transportasi.

Iklan

One thought on “Upaya Publik Terhadap Karut Marut Transportasi

  1. Ping-balik: KRL Mania Mendesak Menteri | Coretan Lucky

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s