Pengaruh berkendara terhadap kesehatan

kita semua yg ada disini, pasti kesehariannya ada di jalanan sembari berkendara dengan motor. nah yang pengen gw tau sejauh mana kita mengetahui dan memahami pengaruh berkendara dgn motor terhadap kesehatan badan kita.

memang sich ada beberapa langkah antisipatif dari pengendara motor spt mengenakan body protector, jaket ataupun masker untuk mengurangi terpaan angin dan debu. namun apakah hanya sebatas itu? bagaimana pengaruh jangka pendek dan jangka panjang nya terhadap kesehatan kita??

Iklan

13 thoughts on “Pengaruh berkendara terhadap kesehatan

  1. kalo gw sih kalo bawa motor

    1. jaket dengan protektor
    pernah jatuh pake jaket ini, aman sih.. tapi tetap aja bahu keseleo

    2. sarung tangan berprotektor
    pernah jatuh juga dan alhamdulillah tangan super aman

    3. pelindung dada
    soalnya kalo gak pake pelindung dada trus jalan malem2 biasanya pagi2 sering nyesek nih dada

    -Gomes YJOC-

  2. 1. Helm Fulface …. konon katanya bila wajah terkena angin terus menerus akan terkena sindrome apa aku lupa … jadi lebih baik full face

    2. Jaket ….. bila kita sering bepergian tanpa jaket …. nanti bisa kena paru2 basah lama2

    3. Helm yg baik …. klo jatuh dari motor tanpa helm yg baik … resiko terkena gegar otak lumayan tinggi

    4. sepatu …. klo jatuh …. kaki bisa terluka … dan biasanya kaki itu biayanya lebih mahal …. dan penyembuhannya lama …

    -Kamarasta YJOC-

  3. Gw ngalamin, kalo ngga salah menjelang touring ke Pangandaran jatuh dgn kondisi alhamdulillah badan cuma pegal2. Itu semua berkat perlindungan badan yg gw kenakan, spt helm full face DOT, Jaket full protektor, pelindung dada, sarung tangan kulit, celana jean, sepatu tinggi (tomkins). Cuma tunggangan gw yg babak belur dan sempat di chek up oleh dokternya, krn 3 hari lagi siap beraksi ke pangandaran.

    Pesan gw,
    Gunakan perlengkapan berkendara motor sesuai yg dianjurkan dan enak serta nyaman saat digunakan.

    untuk jangka panjang, selalu gunakan pelindung dada. walau sudah pake jaket. untuk menahan terpaan angin yg kuat dari arah depan. jgn disepelekan bisa2 kita setelah bermotor terserang sesak nafas

    – Surya YJOC-

  4. yang pasti … naik motor … tidak baik buat kesehatan baik jangka panjang atau jangka pendek …….

    kalau disuruh milih semua pasti milih naik mobil dibanding naik motor ….. tapi karena terpaksa kita milih naik motor … betul engga ……

    Cuma karena saat ini kita naik motor, perlengkapi dong diri kita dengan Jaket yang baik ( minimal jaket kulit dan berprotektor lengkap ), helm full face be SNI, sarung tangan yang elastis dan full grip, ride boot, masker anti polutan dan jangan lupa sering sering medical check saluran pernafasan dan urat urat saraf …….

    wisnu

  5. Pengaruh jangka pendeknya dengan kesehatan adalah stamina tubuh lebih cepat menurun, kemudian dehidrasi,karena tubuh kita selalu aktif saat berkendara.

    Pengaruh jangka panjangnya dengan kesehatan adalah asap karbondioksida dari saluran pembuangan kendaraan bermotor yang dapat menggangu pernafasan, adalah salah satu factor terbesar yang dapat merusak kesehatan secara tidak langsung dapat merusak syaraf-syaraf dan sel otak..

    Pencegahan dari dua pengaruh tersebut bisa dilakukan dengan cara sering berolahraga, lari pagi menghirup udara segar yang belum terkena polusi asap kendaraan bermotor, konsumsi buah”han dan sayuran yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh kita yang sudah rusak….Alternatife minum suplemen vitamin J
    Semoga info di atas cukup membantu bro” semua..hehehe…

    Demikian Sekilas Info…

    – Ikbal YJOC-

  6. kalo dr eke sih.sudah jelas..

    mengendarai motor tanpa perlindungan yg baik, justru akan merusak bagian tubuh lain secara perlahan… tapi bisa cepat juga.

    ironisnya, orang yg sering naik motor, seringkali justru lebih sehat dan kuat fisiknya drpd yg sering naik mobil. contoh sederhana liat aja Om Indro Warkop. yg 2 sdh almarhum Om Indro doang yg masih seger. Fisik lebih terlatih utk lebih tahan banting thd cuaca.

    contoh lain… anak gue. 3-3-nya drkecil umur 1thn udah sering gue ajak jalan2 naik motor. kalo ibunya gak mau ikut.gue iket digendongan bayi penghadap depan. jaket pengkap,kepala leher tertutup.. jalan2 deh naik CB kemana2.. berdua aja.

    setelah agak gede, gue suruh sering2 mandi hujan.. lumayan lah ketahanan tubuhnya ngatur sendiri.kapan dia minta brenti mandi hujan krn sdh kedinginan.. malah jarang sakit yg parah.. kalo sampe pilek atau batuk, kenanya justru dr makanan kampung.

    entah itu gorengan, es tung2, es doger yg pake obat gula, or ketularan temennya.

    -ST HORNET-

  7. komen dulu deh sebanyak isi kepala:

    1. jangka pendek
    a. riding tanpa pemanasan (pinggang, tangan, kaki dan persendian) bisa menyebabkan pegal
    b. riding “kaget” misalnya bangun pagi ku terus riding ke kantor juga gak baik, kesadaran belum penuh dan mata belum awas.

    2. jangka panjang
    riding rutin harian dengan motor yg sudah sesuai dengan postur tubuh masih bisa menyebabkan fatigue alias kelelahan
    a. pegal
    biasanya karena riding yg terlalu lama, solusinya, pemanasan dulu sebelum riding jauh
    dan jangan riding terlalu lama. maksimal 2 jam riding kemudian diselingi pelemasan dan istirahat.
    jangan lupa sesuaikan posisi motor dengan postur, biasanya stang yang tinggi dan tidak membungkuk, bisa membuat posisi riding lebih nyaman.
    biasakan tidak menekuk punggung selama perjalanan agar tidak cepat lelah.

    b. rasa panas di pantat
    disarankan kalo riding jarak jauh tidak pake celana dalam yang ketat utk mencegah alergi kulit

    c. hidung kotor
    perhatikan kebersihan hidung, bandingkan hidung orang yang biasa naik busway dgn naik motor, pasti lebih bersih yg naik busway.
    untuk kesehatan jangka panjang, pakailah masker dengan filter udara (kalau helm half face) dan bersihkan hidung setiap sesudah riding.

    d. kebersihan mata
    mata akan semakin beresiko kotor jika memakai helm yang memungkinkan udara untuk masuk ke muka
    biasakan bersih2 mata dengan boor water atau obat tetes mata secara rutin, berapa ya, seminggu sekali kali ya?

    e. kebersihan leher dan tengkuk
    nah ini jarang diperhatikan, biasanya ada daerah leher dan tengkuk yang terbuka diantara helm dan jaket
    pada kegiatan riding rutin, bagian tubuh ini akan dipenuhi kotoran alias daki.
    solusinya, biasakan memakai masker/balaclava yang bisa menutupi leher secara sempurna.

    f. kebersihan badan.
    biarpun cuma duduk di atas motor, badan rider pasti berkeringat.
    pada riding jarak jauh, hal ini bisa menimbulkan gatal dan rasa tidak nyaman.
    solusinya, sesuaikan jaket dengan cuaca, jika cuaca panas, pakailah jaket yang memungkinkan aliran udara masuk. dan jangan lupa tetap sedia jas hujan.

    g. kesehatan mental
    terlalu banyak riding rutin, pasti banyak menemukan masalah di jalan, apalagi di jakarta banyak orang yg asal-asalan bawa kendaraan.
    jangan terpancing emosi, tetap sabar (ngomongnya gampang nih..tapi penerapan susah).
    kalaupun sebal, luapkan sesekali dengan mengumpat di balik helm..(kata2 bisa dipilih sesuai selera).
    kalau masih sebel juga, silakan minggir dan cari minuman biar segar tuh pikiran.

    inget aja kalo motor itu besi dibungkus daging, kalo besinya kotor, dagingnya juga ikut kotor lho
    tapi kalo sampe nyungsep, yang kena biasanya dagingnya dulu..

    hehe..kepanjangan nulisnya nih..masukin blog dulu ah..

    monggo dikomen kalo ada yang kurang2
    =)

    -Benny Pulsarian-

  8. emang pake motor pasti berpengaruh dg kesehatan, baik lansung maupun tidak langsung, cepat ato lambat…..tp ya mo gmn lagi mengingat situasi Jakarta yg macet di mana2, lebih flexible pake motor
    abisan mo pake mobil macetnya di mana….
    dari rumah naik motor sampe kantor bisa cm 30 menit
    tp nyoba naik mobil, dari rumah ampe kantor bs 1.5 jam

    -novie YMML-

  9. # Hahaha….ajib nih Bro…imunisasi alamiah…pake prinsip bisa karena biasa
    # Btw gua jadi inget pernah baca di tabloid M-Plus (edisi lama), tentang dampak penyakit pada kelamin wanita, bagi biker wanita yang sering naik motor. Seinget gua waktu itu menekannkan masalah kelembapan, jamur dan lain sebagainya yang menimbulkan ketidak sterilan pada V, yang jika tidak diperhatikan bisa menciptakan penyakit yang lebih fatal. Bener juga kata Om Lucky disini banyak ahli biker, mungkin saja ada ahli kesehatan biker yang bisa menjelaskan lebih ditel.
    # Bapak Mertua dari kakak gua, kira-kira 4 bulan yang lalu mengalami operasi saluran pembuangan air seni. Kata dokter ada penghimpitan/ rusak saluran yang letaknya pas di pangkal P nya dia. Keluarga waktu itu bingung, sebab melihat hasil ronsennya salurannya memang agak rusak, secara fisik padahal orangnya sehat. Namun setelah dapet penjelasan dari dokter akhirnya terungkaplah penyebanya. dari info yg gua terima bahwa penyebabnya adalah tekanan dari luar yang bersifat rutin, dan tanpa kita sadari bisa menyebabkan pecahnya saluran pembuanagn air seni. kata dokter kebanyakan yang mengalami ini adalah biker (pengendara motor), namun khususnya adalah motor bebek. Diman posisi duduk biker di motor bebek biasanya terlalu maju di ujung. Kita tahu jok motor bebek itu lancip ke depan. Nah ternyata memang ayah mertua dari kakak gua itu punya kebiasaan naik motor bebek itu duduknya agak maju ke depan. Namun di sisi lain kata dokter, bagia seseorang yang kerjaanya terlalu banyak duduk pun juga rentan terserang hal ini.
    # Waktu itu kakak gua sempet bertanya ke dokter, bagaimana mengansipasi hal ini. kata dokter hal ini bisa diantisipasi jika kita perhatian dengan tubuh kita sendiri. kita bisa melihat kondisi saluran air seni kita terhimpit dari saat buang air kecil. Jika pada saat kecing perhatikan air seni yang keluar. Apakah ada kondisi air seni kita berhenti lalu keluar lagi, walaupun se per sekian detik kejadiannya. Itu berarti saluran seni kita terhimpit. Kalau sudah parah biasanya agak sakit dibagian pangkalnya.
    # Solusi untuk hal ini, kata dokter adalah olah raga, dan jangan lupa banyakin minum air putih.

    -Purwaning Baskoro-

  10. Asslm wr wb

    Salam Kenal dari Gw, Slamet di Ciledug-Tangerang..

    tahun 2006-2008 gw bolak balik Bandung 2 x sebulani..dan sekarang jarak tempuh gw lebih jauh yaitu ke Tasik (1 x sebulan). selama di perjalanan alhmdulillah gw banyak dapet ilmu safety riding secara otodidak/di jalanan. gw selalu memakai 2 lapis Jaket (kulit & Parasut daleman polar) di tambah Body Protektor + Baju dalam & Luar…tapi kalo pake masker, gw kurang betah. karena
    1. Gw sering kelur lendir dari hidung kalo pake masker
    2. Gw Pecandu rokok, pake masker ga bisa / ga bebas ngerokok. justru kecepatan gw ga kenceng kalo sambil ngerokok, nyantai aja broo..
    3. Ga bisa tebar pesona

    selama gw bolak-balik Bandung-TNG, gw cuma kasih saran sedikit , kecelakaan bukan karena si pengendara ugal-ugalan/ga disiplin LANTAS tapi bisa juga di sebab kan karena kita terlalu meremehkan jalur / jalanan yang akan kita lalui.

  11. hai…nama aku mega, skrg umurku mau 20 tahun ntar desember…
    flashback dlu nih, btw aku kerja d salah satu bank swasta di bandung, setelah lulus SMA aku iseng coba testing di bank itu, dan ternyata lolos…ya allhamdulillah.
    memang cita2 awal ku itu kerja di bank, tapi aku dterima dibagian lapangan dulu..toh nantinya bakalan ada promosi jabatan gtu dech bwt posisi d kntor.
    yowis lah aku coba krja drpda nganggur…
    aku mulai kerja bulan juli 2012-skrg (2014) dan masih kerja dilapangan nyari nasabh gtu,,,,nah…yg aku cemaskan adlah kesehatan aku? 😦
    senin-jum’at, dari jam 09.00-16.00 aku diluar..naik motor teruss, sore hari-malem jam 19.00 baru beres di kntor karena kerjaan ku blm beres klo blm nglaksanain meeting 😛 trkadang aku jg lembur karena tugas adm aku bgtu bnyk,,,aku merasa sgt lelah…stres dgn target dll..
    ditambah sabtu dan minggu nya aku kuliah, dan itupun aku selalu mengendarai motor…soalnya jarak rumahku ke kampus itu lumayn jauh dan jalur macettt,,so…gk mngkin klo aku pake angkutan umum yg ada aku kesiangn kuliah, boros waktu dan biaya jg..
    senin subuhnya (05.00) aku berjuang lgi menuju tempat kerja, btw aku ditempatin dluar kota, jadi aku pakai motor lgi menuju kntor ku..stelah sampai dkantor, pkerjaan ku pun memakai motor..pulang ke bandung pun pake motor, kuliah pake motor, apa2 pake motor….!!
    skrg efeknya, aku sering kecapean, sering pusing, mual, dan selalu terasa nyeri di dada dan di punggung…aku takut, takut sesuatu terjadi….pdhal perlengkapan bermotor ku sudah cukup memadai mnrt aku mah…
    hiks…emng yg paling nyaman tuh pake mobil aja x yaaaa….

    thank’s all 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s