Sidang Perdana Afriyani “Supir Maut”

Masih ingat Afriyani? Supir maut pengendara Xenia yang menabrak 12 orang pejalan kaki di kawasan Tugu Tani Jakarta? Tragedi Keselamatan Jalan yang merenggut 9 nyawa pejalan kaki tersebut memang tidak mudah dilupakan.

Jaksa Penuntut Umum menjerat Afriyani dengan pasal berlapis

Terjadi akhir Januari 2012 lalu, kini di akhir April 2012 tepatnya tanggal 26 April 2012, Afriyani dimajukan ke sidang perdana kasus kecelakaannya. Butuh proses yang cukup lama, 3 bulan, menurut saya wajar karena kejadiannya pun sangat tragis. Seperti yang sudah banyak diberitakan media dan juga adanya tuntutan dari keluarga korban juga masyarakat bahwa tersangka harus dihukum berat, Afriyanio selain dijerat oleh Undang Undang No. 22/2009 terkait kelalaian dalam berkendara hingga mengakibatkan orang lain meninggal juga dijerat dengan Pasal penyalahgunaan Narkoba dan pasal Pembunuhan dengan ancaman penjara paling lama 15 tahun.

Afriyani (tampak belakang) duduk di kursi pesakitan

Sudah adilkah? Tentu tidak, nyawa manusia tidak bisa dibandingkan dengan apapun termasuk masa hukuman penjara. Inilah yang diutarakan oleh salah satu keluarga korban meninggal dunia. “Ya kurang lah hukuman segitu, saya sih maunya dihukum mati juga, masalahnya anak saya kan udah dirawat dari kecil, kok ditabrak sampe mati?”

Kesal, gundah, menuntut hukuman mati boleh saja. Itu hak. Namun negara kita negara hukum, dimana hukum yang dianut masih warisan kolonial (KUHAP) jadi ya maksimal untuk Pasal Pembunuhan untuk kasus ini adalah 15 tahun.

Semoga sidang ini berjalan dengan benar, tidak ada rekayasa, dan hukum bisa ditegakkan setegak-tegaknya. Dan bisa menjadi efek jera bagi pengguna jalan lainnya agar lebih waspada dan hati-hati serta mengutamakan keselamatan bersama.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s