OVJ, Peduli Keselamatan Jalan

Pasti tahu OVJ dong, ya Opera Van Java, acara komedi yang saban malam hadir pada prime time di layar Trans 7. Saya juga menggemari acara tersebut sebagai selingan mencari hiburan setelah seharian beraktifitas.

Di tengah maraknya acara sinetron yang sering menampilkan adegan yang tidak mengindahkan kaidah keselamatan jalan seperti : berkendara motor tidak mengenakan helm, bertelepon saat mengemudi mobil, OVJ berani tampil beda. Dalam pengamatan saya, di beberapa kesempatan, baik itu di adegan yang ada maupun peragaan menggunakan replika, para kru dan pemain OVJ menyelipkan pesan-pesan terkait keselamatan jalan. Terakhir adalah pada episode tanggal 26 April 2012. Di salah satu properti yang terpampang di backdrop panggung, di sisi kiri atas terlihat kalimat “SAFE DRIVE, STAY ALIVE” yang kira-kira bermakna : “Ingin Selamat, Berkendaralah dengan Aman” . Dan sisi kanan atas terpasang foto 2 orang yang sedang menyeberang di zebra cross.

Salut buat OVJ, walau masih bersifat sisipan, setidaknya sudah ada kemauan untuk berbuat untuk mengingatkan pentingnya Keselamatan di Jalan. Bukan apa-apa, Kecelakaan Lalu Lintas telah menjadi pembunuh nomor dua tertinggi di negeri ini setelah penyakit jantung. Sekitar 31 ribu nyawa hilang atau 86 nyawa per hari selama tahun 2011.

Apa yang dilakukan OVJ patut ditiru oleh acara-acara lainnya apalagi yang tayang pada prime time, karena akan banyak pemirsa yang menontonnya. Bagi saya, acara yang baik adalah acara yang bukan saja menjadi tontonan tapi juga bisa menjadi tuntunan bagi penontonnya. Semoga.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s