Kronologi Kecelakaan Maut Cisarua

Sedikit saya sampaikan disini kronologi kecelakaan maut yang terjadi di Cisarua, Jumat 10/12/2012 kemarin. Kronologi ini saya pantau dari media elektronik.

Bus Karunia Bakti melaju dari atas menuju arah Bogor

Bus KB sudah lepas kendali, menghantam barisan mobil di depannya

Supir Bus KB membanting stir ke kanan, saat yang sama muncul Bus Doa Ibu dari bawah, disinilah momen pertama yang merenggut banyak korban

Bus KB keluar jalur, menghantam kembali belasan mobil dan motor, momen kedua yang merenggut korban pengendara motor

Bus KB menghantam warung Bakso, momen ketiga, merenggut banyak korban yang sedang makan bakso dan akhirnya bus terguling dengan posisi kepala dibawah, momen keempat yang merenggut korban lagi

Dari kesaksian korban selamat yang sempat diwawancarai SCTV (namanya lupa), “Bus (red. Karunia Bakti) sudah kehilangan kendali sejak dari Mesjid At-Ta’awun. Pas itu sudah bau seperti bau terbakar dan sudah muncul asap dari belakang bus. Supir bus sudah berusaha mengendalikan bus. Kami semua panik, kami teriak-teriak, ada juga yang baca-baca doa, terus saja sampai akhirnya bus terguling”

Sementara MetroTV melaporkan pernyataan Direktur perusahaan otobus Karunia Bakti, Wahyu. Ia membantah bus tidak laik jalan. Pihak perusahaan, kata Wahyu, melakukan pemeriksaan sebelum dan sesudah beroperasi. Itu dilakukan sesuai standar operasional dan prosedur. Pemeriksaan meliputi seluruh bagian kendaraan, mulai dari kondisi mesin, ban hingga rem. Meskipun sudah dinyatakan laik jalan, gangguan bisa saja terjadi saat dalam perjalanan.

Kronologi ini saya tulis bukan untuk mendramatisir kejadian namun lebih kepada agar semua pihak dapat bertanggungjawab, terutama pengusaha pengelola angkutan umum dan juga pihak berwenang seperti Dinas Perhubungan yang sudah memiliki prosedur tetap terkait kelaikan jalan armada angkutan umum (KIR). Jangan hanya bisa menyalahkan faktor kelalaian manusia (human error) dan juga masalah teknis kendaraan. Sistem korup harus segera dibenahi. Apalagi ini menyangkut banyak nyawa manusia. (Lucky)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s